Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Badai Tropis Agatha Timbulkan Lubang Besar

Kamis, 03 Juni 2010


Badai tropis Agatha yang mengguncang wilayah Amerika Tengah, Sabtu (29/5), menimbulkan duka mendalam. Ratusan jiwa menjadi korban. Bangunan dan rumah penduduk banyak yang runtuh. Dan yang lebih mengerikan, badai ini menimbulkan lubang besar di Guatemala.


Lubang besar itu ada di daerah utara ibu kota Guatemala, yakni Guatemala City. Sebelum lubang terbentuk, di sana tempat berdirinya gedung berlantai tiga. Saat badai menerjang, gedung bertingkat itu roboh dan masuk ke dalam tanah. Bersamaan dengan sebuah rumah di dekatnya, gedung itu lenyap bagaikan ditelan bumi. Jumlah korban jiwa akibat peristiwa ini belum dapat dipastikan.

Sebenarnya warga sudah tak begitu terkejut dengan musibah itu. Alasannya, karena tahun lalu kasus serupa juga terjadi di daerah sekitar kawasan tersebut. Menurut dugaan warga, musibah terjadi karena sistem saluran air yang memprihatinkan.

Sistem penyaluran yang tak baik itu mengakibatkan tanah mudah lapuk karena senantiasa terkikis air. Dampaknya, ketika badai Agatha menerjang, tanah mudah longsor ke dalam perut bumi. Nah hingga kini, para ahli pun masih menyelidiki sumber penyebab pastinya.

Korban Badai

Badai tropis Agatha yang menerjang kawasan Amerika Tengah menyebabkan banjir dan tanah longsor. Bencana itu menelan 144 korban jiwa dan membuat ribuan orang lainnya kehilangan rumah. Menurut laporan Sydney Morning Herald, Selasa (1/6), korban terbanyak ada di Guatemala yakni 120 orang. Sementara di Honduras 15 orang dan 9 orang di El Salvador.

0 komentar: