Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Matahari dari Hasil Foto Satelit SDO

Sabtu, 24 April 2010


Matahari dari Hasil Foto Satelit SDO
Amerika Serikat - 23-Apr-2010

Seperti apa ya matahari itu? Apakah “wajah” pusat dari sistem tata surya ini sama dengan yang kita bayangkan? Kalau kamu mau tahu, lihat saja foto-foto matahari yang dikeluarkan NASA ini.

Untuk pertama kalinya, NASA, badan antariksa Amerika Serikat, memperkenalkan foto-foto matahari kepada umum. Sekumpulan foto itu diambil dari satelit Solar Dynamics Observatory (SDO) yang diluncurkan pada 11 Februari 2010.

Foto-foto hasil SDO ini sangat menarik. Salah satu foto menampilkan matahari sebagai bola api raksasa. Bola api itu meletup-letup bagaikan lahar panas gunung berapi yang siap meletus. Menurut perkiraan para ilmuwan NASA, letupan itu berasal dari badai matahari.

Selain itu, ada juga foto sinar ultraviolet matahari. Foto ini diambil beberapa minggu sebelumnya, yakni 30 Maret 2010. Menurut keterangan Xinhua, Kamis (22/4), foto itu memberi gambaran tentang suhu di matahari. Warna merah pada foto menggambarkan suhu yang tergolong dingin, yakni 107.540 fahrenheit (sekitar 59.726 celsius). Sedangkan warna biru atau hijau mencerminkan suhu yang lebih panas, yaitu 1.799.540 fahrenheit (sekitar 999.726 celsius).

SDO

Foto-foto yang diambil satelit SDO ini sangat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan. Richard Fisher, Direktur NASA, berkata kepada AP, Kamis (22/4), sejak diluncurkan, SDO beroperasi dengan lancar. Hasil foto-fotonya juga jelas dan memuaskan. Sesuai dengan fungsinya, SDO direncanakan beroperasi selama lima tahun ke depan. Satelit ini bisa membantu para ilmuwan untuk mengamati dan meneliti kondisi matahari.

0 komentar: